Kamis, 11 September 2014

Tips Merawat Mata



Mata adalah salah satu bagian indera manusia yang berguna untuk melihat.Pentingnya menjaga kesehatan mata selain agar mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit mata, Mata yang sehat juga dapat memperindah tampilan seseorang. Untuk menjaga kesehatan mata berikut cara untuk merawatnya :

1.Hindari kebiasaan mengucek mata
Ketika tangan kita menyentuh mata , kuman dan bakteri di tangan akan berpindah ke mata dan ini tidak baik untuk mata.

2.Pakailah kacamata hitam pelindung UV 
Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

3.Makan makanan yang mengandung vitamin A
Makan makanan seperti wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

4. Mengkonsumsi buah tomat
Tomat mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tomat dapat dikonsumsi dengan dimakan langsung atau dibuat jus agar lebih nikmat.

5. Mengkonsumsi buah pepaya 
Pepaya adalah buah lokal yang kaya manfaat. Pepaya memiliki manfaat yang baik untuk membantu menjaga kesehatan mata

6. Mengkonsumsibuah pisang
Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat mengenyangkan. Namun pisang juga berperan penting untuk kesehatan mata. Pisang kaya akan vitamin (A, B1, B2, B6, dan C). Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata.

7. Mengkonsumsibuah jeruk
Buah jeruk sangat baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin C, serat, folat, kalsium dan kalium. Selain itu buah jeruk juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

8. Mengkonsumsibuah mangga
Buah mangga mengandung vitamin yang cukup tinggi, yaitu vitamin A, B1, C, dan vitamin E. Vitamin A yang cukup bagus dalam buah ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata.

9. Mengkonsumsi wortel
Memang sudah rahasia umum, wortel mampu menjaga kesehatan mata. Wortel terkandung betakaroten akan menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

10. Mengkonsumsi telur
Memang telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memeliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.

11. Kompres mata dengan mentimun  
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.





Tidak ada komentar: